Blognya Si Anton|T4 Berbagi Informasi TUKER BANNER Iffat Blogger Ryuugakure

Followers

SITE INFO

darkoneday Free Automatic Link ping fast  my blog website or RSS feed for Free
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Total Pengunjung

Posted by : AGeng Satria Jumat, 02 November 2012


baru pada blog ini, yang selama ini selalu menyuguhkan tutorial pemrograman android, akan kita perkaya dengan tutorial pemrograman lainnya yang akan kita awali dengan tutorial pemrograman Blackberry.

Android sekarang memang sedang jadi primadona. Tetapi harus diakui Blackberry masih punya pasar yang cukup bagus ditanah air ini. Hal ini diperkuat dengan pengalaman ketika bertemu atau meeting dnegan client, kebanyakan mereka menggunakan Blakcberry.
Pada tutorial java saya pernah  menjelaskan bahwa dengan menguasai bahasa java kita bisa membuat aplikasi di android, blackberry, Symbian(Nokia). Untuk itu perkuatlah penguasaan bahasa pemrograman java
Tutorial Android saya pertama kali adalah membuat aplikasi sederhana menghitung luas persegipanjang yang ternyata mendapatan sambutan yang cukup baik dari pembaca. Dan pada  Tutorial Blackberry yang pertama ini juga saya akan membuat aplikasi sederhana menghitung luas persegipanjang.
Hal yang harus kita siapkan adalah install eclipse yang sudah ada plugin blackberrynya untuk installernya dapat didownload dari website resmi Blackberry, http://www.blackberry.com
Setelah selesai instalasi eclipse blackberrynya, masri kita mulai saja proses developmentnya.
1. Buat Project dengan nama PersegiPanjang, Klik File –> New –> Blackberry Project

Akan muncul jendela New Project

Klik Next

Klik Next

Pilih Blackberry Application, lalu klik Next

Klik Finish
2. Setelah langkash diatas diselesai maka pada jendela PackageExplorer

3. Buka File PersegiPanjang.java
01package com.agus.bb.pspj;
02
03import net.rim.device.api.ui.UiApplication;
04
05/**
06 * This class extends the UiApplication class, providing a
07 * graphical user interface.
08 */
09public class PersegiPanjang extends UiApplication
10{
11    /**
12     * Entry point for application
13     * @param args Command line arguments (not used)
14     */
15    public static void main(String[] args)
16    {
17        // Create a new instance of the application and make the currently
18        // running thread the application's event dispatch thread.
19        PersegiPanjang theApp = new PersegiPanjang();
20        theApp.enterEventDispatcher();
21    }
22
23    /**
24     * Creates a new PersegiPanjang object
25     */
26    public PersegiPanjang()
27    {
28        // Push a screen onto the UI stack for rendering.
29        pushScreen(new PersegiPanjangScreen());
30    }
31}
Pada saat Aplikasi dijalankan Class inilah yang akan dijalankan.
Disini dapat terlihat Screen yang  pertamakali ditampilkan adalah dari Class PersegiPanjangScreen
4. Untuk menambahkan komponen seperti Text Inputan dan Button, buka dan edit PersegiPanjangScreen.java
01package com.agus.bb.pspj;
02
03import net.rim.device.api.ui.Field;
04import net.rim.device.api.ui.FieldChangeListener;
05import net.rim.device.api.ui.component.BasicEditField;
06import net.rim.device.api.ui.component.ButtonField;
07import net.rim.device.api.ui.container.MainScreen;
08
09/**
10 * A class extending the MainScreen class, which provides default standard
11 * behavior for BlackBerry GUI applications.
12 */
13public final class PersegiPanjangScreen extends MainScreen {
14    /**
15     * Creates a new PersegiPanjangScreen object
16     */
17    private BasicEditField befPanjang;
18    private BasicEditField befLebar;
19    private BasicEditField befLuas;
20
21    public PersegiPanjangScreen() {
22        // Set the displayed title of the screen
23        setTitle("Aplikasi PersegiPanjang");
24        //menambahkan inputan teks untuk panjang
25        befPanjang = new BasicEditField("Panjang : ", "", 5,
26                BasicEditField.EDITABLE);
27        add(befPanjang);
28        //menambahkan inputan teks untuk lebar
29        befLebar = new BasicEditField("Lebar: ", "", 5, BasicEditField.EDITABLE | BasicEditField.FILTER_NUMERIC);
30        add(befLebar);
31        //menambahkan Button untuk Hitung Luas
32        ButtonField btnHitung = new ButtonField("Hitung Luas",
33                ButtonField.CONSUME_CLICK | ButtonField.FIELD_LEFT | BasicEditField.FILTER_NUMERIC);
34        add(btnHitung);
35        //menambahkan Listener untuk Button Hitung Luas
36        btnHitung.setChangeListener(new FieldChangeListener() {
37            public void fieldChanged(Field arg0, int arg1) {
38                hitungLuas();
39            }
40        });
41        //menambahkan inputan teks untuk luas, kita set readonly
42        befLuas = new BasicEditField("Luas:", "", 100, BasicEditField.READONLY);
43        add(befLuas);
44    }
45
46    private void hitungLuas() {
47        int panjang = Integer.parseInt(befPanjang.getText());
48        int lebar = Integer.parseInt(befLebar.getText());
49        int luas = panjang * lebar;
50        befLuas.setText(String.valueOf(luas));
51    }
52}
5. Sekaramg saatnya kita Run Aplikasiyang kita buat

Klik Icon Aplikasi PersegiPanjang


Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Silahkan tinggalkan komentar anda , jika ada kesalahan pada Artikel Blog saya ini dan jika anda punya saran untuk blog ini.

- NO SPAM
- NO SARA

* Blog ini sudah saya jadikan blog "Dofollow"
- Jadi berkomentarlah yang baik dan sopan
- Anda Sopan Kami Segan xD

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 DARK ONEDAY -Fansuber Otaku- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -